Home » Program » Online Education Program » Laporan Teleconference dari Meulaboh – Aceh Barat

Laporan Teleconference dari Meulaboh – Aceh Barat

Dec
24
2012
by : Team Internet Cerdas . Posted in : Online Education Program

Fadel Aztamurri

Motivasi Belajar dan TeleKonferensi bersama : belajar dari Jepang

Pagi yang cerah, meliputi semangat dan kebersamaan Tim Lembaga Pendidikan Internet Cerdas Indonesia (LPICI) di Meulaboh Aceh-Barat, Minggu 25 November 2012 kemarin untuk pertama kalinya melaksanakan Seminar Motivasi Belajar dan peluang Bea siswa ke Luar Negeri melalui sistem jarak jauh dengan video konferensi langsung dari guru relawan di Jepang bersama Bapak Dedi Eka Priyantono yang kini sedang menempuh pendidikan S2 dan S3.

Kegiatan yang diawali dengan seremoni serta sambutan dari pejabat daerah yang turut hadir Wakil Bupati Aceh Barat Bapak Drs. H. Rahmat Fitri HD yang akrab disapa (H.Nanda) menyambut baik dan apresiasi kegiatan tersebut sebagai terobosan baru untuk meningkatkan kualitas masyarakat dalam pelayanan publik khususnya dibidang IT. Ia juga menginformasikan bahwa penggunaan Internet di Kabupaten Aceh Barat mendapat peringkat ke-9 dari seluruh Kabupaten se-Indonesia, kemudian Pemerintah juga akan membantu dan memfasilitasi kegiatan kerjasama selanjutnya diwilayah Aceh Barat. Ini menunjukkan hal positif bagi masyarakat terutama generasi muda yang harus peka terhadap kecanggihan teknologi dalam mengakses internet secara cerdas dan positif agar dapat mengurangi GAPTEK (gagap teknologi) dalam masyarakat.

Keharuan dan antusias peserta yang hadir hamper 100 orang orang dari kalangan Mahasiswa, Siswa dan Guru terpancar di wajah mereka saat narasumber berbagi kisah, pengalaman belajar dan “semangat” yang ditorehkan selama berada di Jepang, hingga mengapa memilih Jepang sebagai tempat melanjutkan Studi dengan merefleksi kembali Negara Jepang pada masa perang Dunia ke II hingga kekayaan potensi alamnya, budaya dan Teknologinya yang canggih serta informasi sistem pendidikan yang ada dijepang mulai dari D2, D3 dan S1 dimana D2 merupakan pilihan ingin cepat kerja ditempuh 2 tahun dan D3 untuk mencetak Engginer ditempuh 3 tahun serta S1 untuk menjadi peneliti/professional baik dalam bidang science atau sosial yang ditempuh selama 4 hingga 6 tahun (kedokteran).

proses tahapan dalam meraih peluang Bea Siswa di Luar Negeri, bahkan menstimulus peserta untuk bertanya kepada Narasumber terkait dengan motivasi awal disampaikan, pesan moral diungkapkan kepada peserta agar tetap bangkit dan semangat dalam berkarya dan memiliki target untuk meraih cita-cita dimanapun berada. Komunitas Internet Cerdas Indonesia (ICI) dan LPICI sebagai wadah lokomotif gerakan sosial akan terus melakukan sosialisasi dan mengkampayekan penggunaan internet secara cerdas, positif dan produktif.

Sungguh, meskipun kegiatan hanya berdurasi 2 jam tentu tidak memuaskan peserta secara maksimal, namun memiliki kesan dan pengetahuan baru bagi semua kalangan sehingga seluruh peserta dapat mengaplikasikan didunia nyata. selama berlangsungnya kegiatan, proses koneksi jaringan sempat mendapat gangguan, tetapi dapat dimaklumi, peserta tidak menyurutkan langkah mereka tetap mengikuti seminar hingga berakhir sukses.

.

.

.

Salam Internet Cerdas,

LPICI (Lembaga Pendidikan Internet Cerdas Indonesia) Aceh Barat.

Photo-photo saat kegiatan dapat dilihat disini: KLIK UNTUK MELIHAT PHOTO

Berita seputar rancangan agenda ICI dan LPICI di Aceh dapat dibaca disini:  ATJEH POST

artikel lainnya

Mau berlangganan artikel ? masukan nama dan email anda

Leave a Reply

Komunitas ICI
Situbondo - Jawa Timur - Indonesia
Hubungi Kami: 0823-0234-0456
Copyright © 2009-2015
Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better