Home » Berita » Gerakan Internet Cerdas untuk Mengurangi Kunjungan Kerja

Gerakan Internet Cerdas untuk Mengurangi Kunjungan Kerja

May
11
2014
by : Team Internet Cerdas . Posted in : Berita

Kami bukanlah kumpulan orang-orang dengan iq diatas rata-rata dan ahli teknologi informasi, kami hanyalah kumpulan anak-anak muda yang ingin terus mengkampanyekan penggunaan internet secara cerdas di Indonesia. Kami percaya bahwa teknologi akan bermanfaat besar bagi kehidupan manusia jika digunakan secara cerdas.

Akhir-akhir ini, sebagian masyarakat Indonesia resah dengan kunjungan kerja (kunker) para wakil rakyat yang terkesan memboroskan anggaran negara. Kunker tidak hanya dilakukan oleh para wakil rakyat ditingkat pusat, tapi juga di daerah-daerah. Bisa dibayangkan berapa banyak anggaran negara yang dikeluarkan untuk aktifitas kunker ini.

 

Teknologi video conference. Sumber gambar: http://www.becomz.com

Sebenarnya kunker sah-sah saja dan bukanlah termasuk persoalan besar dalam negeri ini. Ada banyak kasus yang seharusnya menjadi perhatian lebih serius dari pihak-pihak terkait dan media massa daripada masalah kunker para wakil rakyat ini. Namun, ternyata akhir-akhir ini justru kunker menjadi salah satu sorotan utama media-media di negara kita.

 

Banyak pihak mengatakan bahwa aktifitas kunker, disamping memboroskan anggaran negara juga tidak membawa manfaat secara signifikan terhadap masyarakat dan negara. Bahkan tidak jarang para wakil rakyat yang melakukan kunker melakukan ‘plesiran’, jalan-jalan, shopping, dls. Kejadian ini memang sudah sering terjadi dan sudah menjadi rahasia umum. Baru-baru ini negara kita dihebohkan lagi dengan aksi mahasiswa-mahasiswa Indonesia di Jerman yang tergabung dalam Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) yang menolak kunjungan para wakil rakyat ke Jerman. Tidak hanya itu, mereka juga sempat memotret aktifitas beberapa anggota DPR yang shopping barang-barang mewah di Jerman. Tentu saja hal ini membuat citra DPR semakin terpuruk di mata rakyatnya sendiri.

 

Melihat fonemena ini, kami anak-anak muda yang tergabung dalam Komunitas Internet Cerdas Indonesia (ICI) tidak hanya ingin mengkritisi aktifitas kunker ini, kami juga ingin sedikit memberikan solusi dan kontribusi melalui “Gerakan Internet Cerdas untuk Mengurangi Kunker”

 

Ada 2 hal pertanyaan mendasar yang harus terjawab.

Pertama, mengapa harus kunker?

Pertanyaan ini seharusnya memang para wakil rakyat yang menjawabnya, namun secara garis besar, kunker dilakukan dengan tujuan untuk: belajar/study banding, melihat dan merasakan langsung keberhasilan yang telah dicapai oleh suatu negara/daerah agar para wakil rakyat memiliki gambaran untuk menerapkan program/kebijakan yang serupa di suatu negara/daerah.

 

Kedua, mengapa harus internet cerdas?

Internet adalah sumber informasi. hampir semua informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat termasuk juga wakil rakyat tersedia di Internet. Internet juga merupakan media komunikasi yang sangat efektif melalui teknologi-teknologi yang terus dikembangkan. Jika sepuluh (10) tahun yang lalu kita baru dikenalkan dengan teknologi VoLP, Voice over Internet Protocol (percakapan suara melalui Internet), saat ini Teleconference dan Video conference sudah menjadi hal biasa. Dengan kemudahan-kemudahan tersebut, kami sangat yakin aktifitas kunker para wakil rakyat, dapat dikurangi dengan memanfaatkan internet secara cerdas.

 

Salah satu contoh, misalnya ketika suatu daerah ingin membuat perda/peraturan DAERAH baru tentang pasar modern agar tidak mengganggu pasar-pasar tradisional, pengusaha kecil dan pedagang kaki lima. Tentu saja daerah yang belum pengalaman agak sedikit kerepotan dalam menyusun perda ini. Jika beberapa pihak mengusulkan untuk melakukan kunker ke daerah lain, bagaimana jika kita memanfaatkan Internet dengan mencari data-data/dokument yang dibutuhkan. Seperti dokument perda di kabupaten lain yang terlebih dahulu menerapkan perda yang sama atau yang mirip (serupa tapi tidak sama).

 

Hanya melalui search enggine/mesin pencari seperti Google semua data/dokument tersebut bisa didapatkan. Bagaimana jika setelah browsing/mencari di internet, namun data tersebut tetap tidak ditemukan?

 

Sebenarnya, hampir semua informasi dapat kita temukan di Intenet. Tidak hanya data/dokument tapi juga gambar, video, software/program, dls. Akan tetapi ada beberapa faktor yang membuat kita tidak dapat menemukan apa yang kita cari. Diantaranya yang paling dominan adalah keyword(kata kunci) yang digunakan tidak tepat atau user/pengguna belum tahu tips & trik mencari data-data/dokument di internet. oleh karena itu kita harus selalu belajar dan up to date agar dapat dengan mudah menemukan informasi. Saat ini, ada banyak sekali buku-buku yang membahas tentang cara mencari data di internet dan menggunakan mesin pencari dengan efektif dan efisien.

 

Google sendiri terus mengembangkan layanannya. Hingga saat ini, google telah memiliki berbagai macam layanan/produk yang sangat memudahkan kita untuk mendapatkan informasi. Disamping sebagai mesin pencari, google juga memiliki layanan google mail, google maps, google earth, youtube, google document, google apps, dan banyak lagi. Ada juga google translate yang dapat menerjemahkan hampir semua bahasa di dunia. Tidak ada lagi alasan kesulitan menemukan informasi karena berbahasa inggris, prancis, china, dls…

 

Masalah seputar data-data yang kemungkinan dibutuhkan oleh para wakil rakyat baik di tingkat pusat maupun daerah sudah sedikit terjawab. Namun salah seorang wakil rakyat beberapa hari yang lalu, dalam acara Indonesia Lawyers Club di TV One menyampaikan bahwa ada beberapa manfaat ketika wakil rakyat melakukan kunker ke suatu negara. Salah satunya bisa memasuki kantor-kantor dan melakukan dialog langsung dengan pihak-pihak terkait di negara tersebut yang tidak dapat dilakukan jika kita berkunjung sendiri.

 

Sebenarnya dengan menggunakan teknologi video conference, manfaat diatas juga bisa didapatkan. Dimana para wakil rakyat di Indonesia bisa berdialog langsung dengan pihak-pihak terkait di negara tersebut seakan-akan mereka berada disana. Jika selama ini para wakil rakyat hanya bisa melakukan kunker satu (1) ata dua (2) kali setahun, melalui teknologi ini para wakil rakyat bisa melakukan kunker melalui video conference setiap bulan bahkan setiap hari jika dibutuhkan. Tentu saja tanpa memboroskan uang negara. Karena teknologi ini sangat murah bahkan gratis.

 

Itu pula yang dilakukan oleh Komunitas Internet Cerdas Indonesia yang bekerjasama dengan Jaringan 1000 guru (sebuah komunitas yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswa dan para professional Indonesia yang berada di luar negeri) untuk melakukan pembelajaran jarak jauh dengan sekolah-sekolah di seluruh wilayah Indonesia tanpa batasan jarak dan wilayah.

 

Ini adalah sedikit solusi yang coba kami berikan bagi masyarakat Indonesia khususnya para wakil rakyat yang harus selalu belajar (kunker) untuk memajukan daerah dan negara. Sama sekali kami tidak bermaksud untuk melarang/menghentikan aktifitas kunker para wakil rakyat, apalagi sedikit banyak kunker juga memiliki manfaat jika dilakukan dengan niat dan tujuan yang benar agar uang rakyat yang dikeluarkan sebanding dengan manfaat/hasil yang didapatkan.

 

Kami hanya ingin merekomendasikan dan mengajak para wakil rakyat atau pihak-pihak terkait agar setidaknya aktifitas kunker dapat dikurangi dengan menggunakan teknologi internet secara cerdas. Komunitas Internet Cerdas Indonesia(ICI)  tidak hanya ingin memberikan solusi, tapi juga berkontribusi. Oleh karena itu apabila para wakil rakyat baik di tingkat pusat, provinsi atau kabupaten-kabupaten di Indonesia membutuhkan bantuan kami untuk merealisasikan Gerakan Internet Cerdas untuk Mengurangi Kunker” kami bersedia membantu secara sukarela sesuai kemampuan dan kapasitas kami demi terwujudnya gerakan ini. Team Internet Cerdas dapat dihubungi di:

internetcerdasindonesia@gmail.com atau www.internetcerdasindonesia.org

 

Mau berlangganan artikel ? masukan nama dan email anda

3 komentar tentang “Gerakan Internet Cerdas untuk Mengurangi Kunjungan Kerja”

  1. Mugniar says:

    Semoga menjadi bahan pertimbangan wakil-wakil rakyat kita …

  2. khusthanul says:

    setuju

  3. Nuka says:

    Saya yakin para anggota Dewan yang terhormat adalah orang-orang yang peduli dan mementingkan kepentingan rakyatnya. Maka Ayo Bapak2 / Ibu2…..kita buat terobosan baru dalam dunia Pemerintahan. Saya yakin Bapak/ Ibu sekalian pasti bisa!!!!!!

Leave a Reply

Komunitas ICI
Situbondo - Jawa Timur - Indonesia
Hubungi Kami: 0823-0234-0456
Copyright © 2009-2015
Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better