Home » Artikel Internet Cerdas » 30 Artikel Favorit » Utamakan Manfaat, Kedepankan Prioritas

Utamakan Manfaat, Kedepankan Prioritas

May
22
2012
by : Team Internet Cerdas . Posted in : 30 Artikel Favorit, Artikel Internet Cerdas

Utamakan Manfaat, Kedepankan Prioritas

(oleh : Taufiqa hidayati)

Perkembangan zaman yang menuntut kecepatan, ketepatan, dengan waktu yang tidak lagi bersahabat, kini menjadi alasan utama untuk memprioritaskan pencarian informasi lengkap dalam waktu singkat yaitu lewat internet.Perbankan, pemesanan tiket, pengiriman CV lamaran pekejaan, informasi lewat e-mail, berita aktual, dan lain sebagainya dapat dengan mudah diakses dengan mantra ‘klik’ di search engine yang terkemuka. revolusi informasi yang sangat luar biasa.


Seiring dengan jutaan manfaat yang didapat, seiring pula jutaan akses yang tidak bersahabat bagi perkembangan pemikiran berbagai generasi yang semakin haus akan ilmu yang ‘tabu’ berubah anggapan menjadi penyimpangan hak privasi mutlak yang sulit dideteksi. Pengawasan dari UU ITE (Undang-undang Internet dan Transaksi Elektronik) merupakan tombak yang melindungi pengguna internet dengan peraturan yang jelas, walau tak selamanya tombak ini tajam, karena dunia tanpa batas ada dalam genggaman. Setidaknya, Indonesia punya peraturan yang membatasi dan mengantisipasi penyimpangan pengguna internet agar tetap menggunakan internet maupun transaksi elektronik dalam pigura peraturan yang telah dibuat dan disepakati demi kemaslahatan bersama.


Internet cerdas. Sebuah pemikiran futuristik yang sangat membangun generasi bangsa. Pengaplikasian dari manfaat internet sudah banyak dirasakan oleh jutaan orang di berbagai belahan dunia. Bidang sosial, ekonomi, pendidikan, bisnis, pertanian, pariwisata, seni & budaya, agama, kesehatan, lingkungan, dan masih banyak lagi, bisa didapat dalam waktu singkat, jelas, menarik dan mudah, sungguh menggiurkan. Social network yang menjamur dengan berbagai nama dan jenisnya, biasa menjadi media obrolan yang minim manfaat pemicu ghibah/gosip dan kriminalitas dapat berubah 1800 menjadi ladang pahala, ilmu, rezeki, silaturrahmi dan lain sebagainya. Sungguh ironis bila manfaat yang seharusnya bisa didapat ini berjibaku dengan nafsu yang mengutamakan obrolan kosong penggerus waktu. Tentu kembali pada kesadaran dan tanggung jawab pengguna dalam memanfaatkan dengan sebaik-baiknya atau malah mengalihfungsikan media ini sebagai langkah awal pemicu kerugian diri sendiri maupun orang lain.


Memunculkan manfaat yang kini dikucilkan memang tidak mudah. Tetapi alangkah baiknya, bila waktu yang kita gunakan untuk ber-‘internet ria’, berubah menjadi waktu ber-‘internet cerdas’ dengan hasil manfaat baik secara moril maupun materil. Waktu yang sama, web browser yang tidak jauh berbeda, namun ditangan kita sendirilah kemampuan manajemen waktu menjadi insan produktif tercipta. Tergantung kita mau menguntungkan atau merugikan diri kita sendiri. Bukankah hakikatnya manusia ingin selalu untung bukan rugi?

Dibawah ini ada beberapa kelebihan internet yang bisa kita dapatkan dari alamat web yang tidak asing lagi, diantaranya :

  1. Social network

Dilihat dari makna yang terkandung maka jelas, tujuan social network adalah menjalin hubungan sosial.

  • Dimulai dari sapaan salam Assaamu’alaikum, dengan menuliskan kata yang baik bisa menjalin silaturrahmi, baik dengan keluarga, teman lama, teman baru, dan sebagainya. Namun, secukupnya saja, jangan sampai waktu kita tak terasa habis oleh obrolan yang sia-sia.

  • Menuliskan status yang bersifat membangun, mengirimkan link yang manfaat dan berisi ilmu. Tentu akan memicu orang lain untuk terpantik hatinya membaca dan meresapi makna yang tertulis.

  • Social network pun turut membuka ‘lapak gratis’ bagi para pencari rezeki. Ajang promosi, pemesanan, transaksi, penawaran barang dan jasa di media ini menjadi lahan strategis untuk memulai, meneruskan, dan mengembangkan bisnis dan memperbaiki status ekonomi. Sudah banyak contoh kesuksesan yang diraih dari media promosi ini dengan syarat, didasari tanggung jawab dan kejujuran.

  • Like page atau follow orang-orang hebat maupun gudang informasi yang berisikan banyak ilmu. Dengan ini, ilmu akan semakin bertambah dan memberikan energi postif bagi semangat hidup kita, bahwa hidup tidak hanya berkisar antara teman, masalah, dan cinta, tapi lebih dari itu. Informasi berita, lomba, event, akan semakin membuka wawasan dan mempertemukan kita dengan orang hebat dan menjadi teman yang menarik untuk berdiskusi.

  1. Search engine

Tugas kuliah, tugas kantor, tugas lain dengan berbagai macam wujudnya sudah mengantri layaknya antrian pembagian BLT, rupanya banyak memanfaatkan search engine untuk mengumpulkan jutaan informasi. Inovatif, menarik, cepat, efisien, dilengkapi gambar yang beragam, aktual dan berbagai keunggulan lainnya ditawarkan dengan biaya yang makin terjangkau. Tapi jangan salah, adakalanya pencarian di search engine tak selamanya benar adakalanya minim referensi atau dari situs yang kurang dapat dipercaya. Maka, pilihlah informasi dari sumber yang tidak sembarangan dan dibaca dahulu, jangan langsung mengcopy-paste hingga akhirnya point yang dicari berubah menjadi point pertanyaan yang sulit dipahami. Pasti hasil yang didapatkan bisa lebih baik bila sumber informasi didapatkan dari kolaborasi berbagai sumber terpercaya dari internet, buku dan media lain agar semakin mempertajam analisa berbagai permasalahan maupun tugas yang diberikan dan memperkuat hipotesis yang ingin dibuktikan.

  1. Content lainnya

Bila dijabarkan isi internet satu persatu pasti tidak akan cukup untuk dituliskan, mengingat ada jutaan bahkan lebih situs yang tersedia. Berita aktual di berbagai belahan dunia yang belum dipublikasikan lewat media cetak sudah lebih dahulu kita ketahui. Kita bisa membuat blog yang manfaat mungkin saja bisa bersifat menjual atau bahkan dibukukan. Untuk memudahkan pembelajaran terutama bila diperlukan visualisasi untuk memudahkan pemahaman youtube pun menyediakan.  Masih banyak lagi manfaat internet. Ketika biaya bimbel semakin melangit, lewat internet bisa membantu memudahkan pembelajaran.


Manfaat yang diberikan internet sebenarnya sangat banyak namun, Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring menyatakan bahwa sejak tahun 2000 sampai sekarang perkembangan internet di Indonesia mencapai lebih dari 400 persen. Namun, sayangnya penggunaannya lebih banyak yang belum serius memanfaatkan kekuatan teknologi ini untuk kegiatan produktif.


Sekarang, ayo kita tanyakan pada diri kita sendiri. Ketika kita membuka web browser, halaman apa yang kita buka pertamakali untuk kita kunjungi? Pasti kebanyakan jawaban adalah facebook, twitter, game online atau chatting. Tidak ada salahnya, ini yang dinamakan hiburan, hiburan yang dibutuhkan untuk melepas penat dari berbagai aktifitas. Namun, perlu diingat untuk utamakan manfaat dan ingat apa prioritas kita yang sebenarnya.


Waktu, ini hal yang sangat mahal. Internet mempercepat dan mempermudah gerak kita, dapat pula memperlambat bahkan mengibaskan pedang tajam tanpa terasa bahwa kita telah terluka. Prioritas memang sangat penting, tanpa prioritas, meluncur bebas di internet akan membuat kita terlena dengan apa yang dihadirkannya dan terlena karena waktu terasa begitu cepat. Bila dievaluasi apa hal penting dan manfaat yang telah didapat? Tidak ada. Jangan sampai hal ini terjadi.


Internet merupakan benda ajaib pemersatu dunia dalam genggaman, penemu hal berharga yang pernah hilang, tetapi juga pemersatu antara baik dan buruk yang sudah terlarut hingga sulit dipisahkan.


Ayo, dimulai dari diri sendiri, tingkatkan SDM menuju ‘Indonesia Cerdas’. Utamakan manfaat, kedepankan prioritas.

Mau berlangganan artikel ? masukan nama dan email anda

satu komentar tentang “Utamakan Manfaat, Kedepankan Prioritas”

  1. Artikel yang menarik dan Bermanfaat bagi para pengguna Internet Cerdas Indonesia, Sukses Buat Semuanya!
    Slam kenal dari : One SM http://internetcerdasindonesia.org/guru-belajar-internet-untuk-mencerdaskan-anak-bangsa-kenapa-tidak/#more-492

Leave a Reply

Komunitas ICI
Situbondo - Jawa Timur - Indonesia
Hubungi Kami: 0823-0234-0456
Copyright © 2009-2015
Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better