Home » Artikel Internet Cerdas » 30 Artikel Favorit » (Tips Hot Spot) bersahabat dengan internet, solusi jitu atasi gaptek ?

(Tips Hot Spot) bersahabat dengan internet, solusi jitu atasi gaptek ?

Jun
19
2012
by : Team Internet Cerdas . Posted in : 30 Artikel Favorit, Artikel Internet Cerdas

(Tips Hot Spot) bersahabat dengan internet, solusi jitu atasi gaptek ?

(oleh: Lia Putri Asnita)

Bersahabat dengan internet ? emang bisa ya ?. Mungkin sobat semua bertanya-tanya. Yok kita cari jawabannya. Bersahabat itu tidak hanya dengan manusia, hewan, tumbuhan, lingkungan, namun kita bisa juga bersahabat dengan internet. Internet yang merupakan akronim dari International Networking ini, bisa jadi sahabat yang baik bagi kita, sobat.

Tapi ingat dalam bersahabat dengan internet itu kita kudu menjadi smart users, atau pengguna yang cerdas. Artinya kita mampu mengkondisikan diri dalam menggunakan internet yang telah menjadi sahabat kita. Tidak hanya manusia yang memiliki dua sisi, namun internet juga memiliki dua sisi, sisi positif dan juga sisi negatifnya. Ini kembali lagi pada diri kita sobat, jangan sampai salh langkah karena pengaruh sisi gelap internet tadi. Jika suatu fakta mengatakan “ Jika Internet di bawah genggaman, maka dunia di bawah kendali anda”. Itu suatu konteks yang benar, ada baiknya sobat semua mampu menggunakan persahabatan dengan internet itu untuk memperluas cakrawala pengetahuan sobatt semua. Internet menyajikan berbagai sajian yang menarik, mulai dari sajian yang bersifat general atau umum, hingga sajian yang bersifat personal.

Lalu apa hubungannya bersahabat dengan internet dengan kata gaptek ?. Tentunya sangat erat hubungannya, karena internet sekarang telah menjadi rahasia umum. Internet bukanlah hal yang tabuh dan bersifat mewah, karena pengguna internet tidak hanya orang-orang yang memiliki harta berlimpah, dan mobil mewah, namun internet dapat diakses semua orang yang ada di seluruh dunia sampai di pelosok desa sekalipun yang telah mempunyai jaringan internet dari operator GSM maupun CDMA yang telah menyuguhkan layanan internet, baik via handphone ataupun laptop. Jika sobat semua mampu menggenggam erat persahabatan dengan internet dengan cara mengguanakan internet untuk hal-hal yang bermanfaat, maka sobat semua akan mampu mengatasi yang namaya gaptek alias gagap teknologi. Banyak sekali fitur-fitur yang ada di internet, mulai dari search engine yang sering diakses, seperti mbah google, dan ahli nujum mozila fire fox. Mbah Google yang super duper pinter tahu tentang segala hal, dengan hanya mengetik hal yang akan dicari lalu mengklik search, maka topik yang akan sobat cari muncul pada hasil pencarian di layar laptop atau handphone sobat.

Di internet banyak sekali beragam fitur keren yang ditawarkan melalui sosial media, seperti ; Facebook, twitter, yahoo messenger, Skype, Blog, Hi5, Friendster, Tumblr, dan lain sebagainya. Kita ambil contoh ya sobat, yang paling tinggi peminatnya yaitu facebook dan twitter. Sudah tak asing lagi kedua sosial media diatas, sudah sangat akrab dengan masyarakat Indonesia. Kabarnya nih, masyarakat Indonesia merupakan users atau pengguna terbanyak layanan hasil kreatif dari Mark Zuckeberg itu. Di facebook atau sering kita singkat fb itu, sebenarnya banyak sekali manfaat yang kita peroleh, misalnya yang paling utama nih untuk berinteraksi dengan sahabat, rekan kerja, pujaan hati untuk sekadar sharing atau berbagi cerita, pengalaman, curahan hati. Semua itu kita anggap sebagi fungsi facebook sebagai media interaksi dan komunikasi. Kemudian di facebook juga kita bisa main game untuk sekadar merefresh atau menyegarkan otak kita yang terlalu penat karena rutinitas sekolah, kampus atau tempat kerja yang serba deadline dan banyak menyita waktu. Di facebook juga biasanya menyediakan beragam page atau grup, dimana kita bisa mengeksplorasi pemikiran kita dengan saling bertukar fikiran dengan teman yang sama-sama tergabung dalam page atau grup yang bermanfaat, misalnya ; grup internet cerdas, nah di dalam grup ini kita bisa berbagi beragam informasi dan bertanya ataupun meminta pendapat rekan-rekan satu grup, jadi pengetahuan kita mengenai internet lebih berkembang dan tak hanya terbatas seperti itu-itu saja.

Sosial media kedua yang paling banyak ditongkrongi adalah twitter, biasanya twitter ini merupak akun official yang dimiliki oleh orang-orang penting. Trus, jarang sekali di temui freak di twitter. Di Indonesia juga, biasanya artis-artis, entertainer promo akun twitternya lewat televisi, ini juga bisa jadi satu langkah buat sobat untuk lebih dekat dengan idolanya. Oh ya, sobat semua dari facebook dan juga twitter kita bisa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan, informasi beasiswa, informasi perlombaan dan kuis berhadiah. Untuk para pebisnis, biasanya sosial media bisa dijadikan ajang promosi, biasa melalui facebook, twitter, dan juga blog. Bicara mengenai blog. Saya pribadi juga seorang pengguna blog, saya memanfaatkan fasilitas yang ada pada blog untuk menshare informasi, pengalam saya yang saya harapkan dapat bermanfaat untuk para pembaca ataupun blog walking. Saya menghimbau sobat internet cerdas semua, agar punya blog sendiri untuk mencurahkan inspirasi dan menginspirasi melalui tulisan yang sobat buat, sesuai dengan kata “balighul aghni walau ahya”, sampaikanlah walau satu ayat. Itu artinya kita harus menyampaikan pengetahuan yang kita miliki, walaupun hanya sedikit, agar kita menjadi manusia yang bermanfaat.

Sobat sudah pada tahu kan  banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan kalo kita bersahabat secara sehat dengan internet selain dapat pengatuan, tidak gaptek, dapat pahala lagi. Tunggu apa lagi sobat. Yok segera jalin persahabatan dengan intrnet. Jangan tunda nanti dan nanti, kita harus mampu memanfaatkan waktu yang ada, lebih cepat lebih baik. Masih ragu ? Kalo gitu yuk kita pantengin, Tips di bawah ini yang saya singkat dengan HOT SPOT. Nah, kini penasaran sobat pada awal judul artikel saya terjawab sudah. HOT SPOT adalah singkatan dari;

H : Hindari website berbau pornografi

O : Online untuk mencari informasi

T : Twitter, Facebook dan blog jejaring sosial yang kuduh ditongkrongi

S : Sediakan waktu buat browsing dan berkarya melalui sosial media’

P :P astikan sobat telah bergabung dengan ICI (Internet Cerdas Indonesia)

O : Olahraga Otak dengan game Online

T : Tips diatas Cuma buat sobat yang kepingin gaul dan smart….


Sobat ICI, Gunakan Motto ini “ Never Put off till tomorrow, what you can do today!”, “  Kalo bukan kita siapa lagi?”, “ yang muda yang berkarya”, “ Melangkah bersama Internet Cerdas Indonesia”. Silahkan kalian gunakan motto diatas sebagai penyemangat sobat semua, agar lebih berkarya. Salam ICI. Semoga artikel yang saya tulis ini dapat bermanfaat demi kebaikan dan perbaikan generasi Indonesia. Salam Semangat, generasi ICI (Internet Cerdas Indonesia) ☺  (Liput@_@)

Mau berlangganan artikel ? masukan nama dan email anda

Leave a Reply

Komunitas ICI
Situbondo - Jawa Timur - Indonesia
Hubungi Kami: 0823-0234-0456
Copyright © 2009-2015
Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better