Home » Artikel Internet Cerdas » Pemanfaatan Internet sebagai Sarana Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh

Pemanfaatan Internet sebagai Sarana Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh

Apr
09
2012
by : Team Internet Cerdas . Posted in : Artikel Internet Cerdas

PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SARANA PENDUKUNG PEMBELAJARAN JARAK JAUH

(Oleh: I Gusti Ngurah Hari Yuda, S.PD)

Telah kita ketahui bersama bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kian hari kian berkembang pesat. Perkembangan yang pesat ini menyebabkan timbulnya beberapa perubahan dalam peradaban manusia. Sebagai contoh misalnya, seseorang dapat menempuh sustu pendidikan dari jarak jauh, tanpa harus bertatap muka dengan pengajar seperti guru, tutor, dosen, dan lain sebagainya. Hal ini merupakan salah satu kemajuan teknologi di bidang informasi dan komunikasi yang menjadi bagian terhangat saat ini. Adanya teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih memungkinkan adanya persaingan secara global.

Salah satu penerapan/aplikasi teknologi informasi dan komunikasi tersebut adalah internet (International Network) yang merupakan jaringan kerja internasional. Dilihat dari namanya, jelas dapat dipastikan bahwa internet merupakan sarana jejaring social yang menghubungkan setiap insan social di seluruh belahan dunia. Internet secara tidak langsung akan menyulap dunia seakan selebar daun kelor. Kenapa bias dikatakan seperti itu? Pertanyaan ini dapat dengan mudah kita jawab, yaitu karena interaksi social melalui internet seolah olah menjadikan jarak antara orang yang satu dengan orang yang lain tidak merupakan halangan.

Terdapat banyak hal yang bias dilakukan seseorang dengan menggunakan sarana internet, terutama hal-hal yang berhubungan dengan interaksi antar individu maupun kelompok. Internet bias dihubungkan dengan beberapa software/aplikasi program untuk keperluan interaksi, seperti Skype, Filezilla, browser, dan lain sebagainya. Skype sering digunakan seseorang untuk berinteraksi seolah-olah seperti tatap muka dengan teman sejawat, rekan bisnis, keluarga, dan lain-lain. Filezilla berguna sebagai media upload (mengirim data) ke server dan download (menerima data) ke server. Terakhir Browser merupakan media tempat melakukan browsing.

Ketiga software/aplikasi tersebut sanagt mendukung terciptanya kelas cyber/maya yang berguna sebagai wahana belajar pada proses pembelajaran jarak jauh. Sekarang kita kita akan mengulas sedikit terkait tentang pembelajaran jarak jauh. Sebenarnya apakah arti/maksud pembelajaran jarak jauh itu? Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) merupakan suatu pembelajaran dengan menggunakan media yang memungkinkan terjadinya interaksi antara pengajar dengan pembelajar. (www. Wikipedia.org, diakses tanggal 4 april 2012). Media yang dimaksud dalam hal ini adalah suatu benda yang memediasi proses interaksi di manapun subjek interaksinya berada. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran jarak jauh tidak akan terhalang akibat permasalahan tempat. Oleh karena itu, untuk mewujudkan sustu pembelajaran jarak jauh, maka diperlukanlah sustu media yang bias berhubungan secara global. Agar dapat berhubungan secara global, maka media tersebut harus menggunakan sarana internet, contohnya, seperti website pembalajaran. Salah satu website pembelajaran yang sudah merakyat khusus untuk di Indonesia adalah website pembelajaran Kementerian Pendidikan Nasional yang bernama Rumah Belajar. Berikut adalah tampilan website Rumah Belajar

 

Dalam website tersebut, terdapat beberapa fitur yang memungkinkan seseorang/siswa dapat mengakses materi pembelajaran yang ingin dia pelajari.

Selain website Rumah Belajar, kita juga mengenal facebook, twitter yang sudah tidak asing lagi untuk kita dengar, terutama para generasi muda. Kedua media jejaring social ini juga dapat dimanfaatkan untuk proses belajar. Adapun keunggulan jika menggunakan website jejaring social seperti facebook dan twitter adalah dapat saling mengisi kekurangan satu sama lain melalui forum informasi.

Satu lagi yang tidak kalah pentingnya adalah software/aplikasi yang dinamakan denga Yahoo Messanger. Aplikasi inikhusus dibuat untuk keperluan chat antar 2 orang atau lebih. Fasilitas Yahoo Messenger memungkinkan interaksi antra tutor, guru, atau dosen dengan peserta didiknya akan semakin lancer. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur link ke no handphone yang memungkinkan seseorang bias berkomunikasi dengan orang lain yang sedang memakai handphone.

Fasilitas-fasilitas inilah yang perlu dimanfaatkan dengan seoptimal mungkin dalam upaya pelaksanaan proses belajar mengajar jarak jauh melalui proses interaksi social.

Dari beberapa pemaparan di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa internet memegang peranan penting dalam kehidupan manusia, terutama bidang pendidikan. Internet dapat mewujudkan dengan hampir sempurna proses belajar mengajar jarak jauh.

 

Mau berlangganan artikel ? masukan nama dan email anda

satu komentar tentang “Pemanfaatan Internet sebagai Sarana Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh”

  1. Artikel yang menarik dan Bermanfaat bagi para pengguna Internet Cerdas Indonesia, Sukses Buat Semuanya!
    Salam kenal dari : One SM http://internetcerdasindonesia.org/guru-belajar-internet-untuk-mencerdaskan-anak-bangsa-kenapa-tidak/#more-492

Leave a Reply

Komunitas ICI
Sukorejo - Situbondo - Jawa Timur
Hubungi Kami: 0823-0234-0456
Copyright © 2009-2013
Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better