Home » Artikel Internet Cerdas » 30 Artikel Favorit » Internet untuk Koreksi dan Perkaya Tulisan

Internet untuk Koreksi dan Perkaya Tulisan

May
25
2012
by : Team Internet Cerdas . Posted in : 30 Artikel Favorit, Artikel Internet Cerdas

Internet untuk Koreksi dan Perkaya Tulisan

(Oleh: Hisna Cahaya)

Internet merupakan bagian yang sangat penting dalam hidup saya. Terutama untuk bekerja. Maklum, hampir setiap hari saya harus mengecek berita, mengedit, dan menerbitkannya ke website tempat saya bekerja.

Tentu pekerjaan itu tidak akan berjalan dengan baik kalau mati listrik, mati server, apalagi mati koneksi internet. Masalahnya ketiga hal itu kerap terjadi di tempat saya bekerja. Terutama bagian mati listriknya. Mungkin hal ini juga menjadi ironi di sebagian besar wilayah Indonesia. Padahal Indonesia begitu kaya dengan berbagai sumber daya alam. Kekayaan  ini seharusnya dapat memaksimalkan peran energi listrik dalam mendukung kemajuan bangsa.

Proses awalnya dari pekerjaan saya dimulai dengan menduplikasi berita yang dikirim para reporter ke e-mail editor. Selanjutnya melakukan pengecekan tulisan atau editing. Pada proses ini, kadang ada beberapa kata atau kalimat yang tidak jelas dari berita yang dikirim reporter. Misalnya soal penulisan kata-kata baku dan tidak baku, penulisan yang sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD), dan nama narasumber atau tokoh yang diberitakan.

Kesalahan yang kerap terjadi adalah penulisan nama narasumber. Akan menjadi mudah bila, narasumber merupakan orang terkenal dan sering diberitakan. Namun, akan menjadi permasalahan tersendiri bila narasumber hanya orang lokal. Terlebih memiliki intensitas yang minim dalam menggunakan berbagai fasilitas yang berkaitan dengan internet seperti website, blog-blog baik berbayar maupun tidak berbayar, atau jejaring sosial yang biasa digunakan masyarakat Indonesia seperti Facebook atau Twitter.

Pada proses editing, peran internet menjadi penting dalam menyelamatkan kebenaran dari penulisan berita, yang artinya juga menyelamatkan pekerjaan saya. Bila saya tidak mengetahui tulisan yang dimaksud atau ragu pada susunan huruf atau kata, maka akan saya cek terlebih dahulu di salah satu search engine. Setelah itu, barulah tulisan diperbaiki. Dengan demikian, akan memperkecil kesalahan penulisan pada berita yang akan ditayangkan. Meski memang tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang manusia memiliki kealpaan.

Untungnya, jenis berita yang diterbitkan dengan media online lebih mudah dikoreksi kembali bila terjadi kesalahan tulisan. Cukup dengan masuk kembali ke halaman editing berita. Lalu mengedit bagian yang salah dan menerbitkannya kembali. Hanya dalam hitungan detik, kesalahan penulisan dapat terselesaikan dengan baik.

Dengan terkoneksinya komputer dengan internet, juga dapat memperkaya informasi yang termaktub dalam berita yang akan ditampilkan. Misalnya dengan menyisipkan informasi-informasi terdahulu yang turut mendukung dan membuat berita lebih menarik.

Misalnya, dalam sebuah berita mengangkat seorang tokoh dan karyanya. Biasanya, jika seorang repoter hanya berkesempatan melakukan wawancara yang singkat dengan narasumber, hanya sedikit pula informasi tambahan yang diperoleh. Hal itu akan membuat berita kurang kaya informasi. Padahal, akan lebih baik jika berita yang akan diterbitkan diperkaya dengan informasi lain yang berkaitan dengan narasumber, seperti umur, tanggal lahir, jenjang pendidikan atau prestasi yang bersangkutan.

Namun, saat ini alangkah mudahnya hal itu teratasi. Ya! Dengan menggunakan internet, hal ini dapat disiasati. Dari internet, informasi pendukung itu lebih mudah didapatkan. Terutama, bila narasumber merupakan tokoh terkenal dan sering diberitakan, atau memiliki website, blog, dan jejaring sosial.

Cukup dengan mengetik kata kunci pada search engine, tampil lah berbagai data yang kita butuhkan. Setelah mengunduh infromasi-informasi pendukung, barulah disisipkan pada berita.
Informasi tambahan biasanya lebih mudah digunakan sebagai pengganti nama narasumber. Bila di bagian paragraf awal telah disebutkan nama tokoh yang diberitakan, maka pada paragraf kedua dan selanjutnya bisa diganti dengan sisipan informasi yang telah didapatkan dari internet.
Contoh paragraph 1: Soekarno adalah presiden pertama Negara Republik Indonesia.
Contoh paragraph 2: Pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur, 6 Juni 1901 ini merupakan  proklamator Indonesia.
Contoh paragraph 3: Insinyur Lulusan ITB tahun 1934 ini  memerintah Indonesia selama 22 tahun.

Dari ketiga contoh di atas dapat dilihat bahwa nama Soekarno dapat diubah menjadi kata atau kalimat lain yang tetap berkaitan dengannya. Dengan begitu, pembaca tidak sekadar tahu narasumber bernama Soekarno, tapi juga memperoleh informasi tentang tempat dan tanggal lahirnya, serta jenjang pendidikannya.

Namun, tentu saja, informasi-informasi tambahan tersebut harus dicek dengan baik. Caranya dengan memilah sumber-sumber informasi. Biasanya website yang baik sebagai sumber informasi akan menyantumkan sumber dari informasi yang ditampilkannya. Namun, paling mudah mendapatkan informasi yang dapat di pertanggungjawabkan dari website-website berita, pendidikan, atau pemerintahan.

Bila terjadi kesimpang-siuran terhadap sebuah informasi yang akan disisipkan, maka lebih baik hal itu ditinggalkan. Mengapa? Karena informasi yang dicari hanya merupakan tambahan untuk memperkaya berita. Hal yang paling utama adalah informasi yang didapatkan saat wawancara dengan narasumber yang bersangkutan. Jangan sampai, terlalu mementingkan sisipan tapi mengabaikan informasi utama.[]

Mau berlangganan artikel ? masukan nama dan email anda

6 komentar tentang “Internet untuk Koreksi dan Perkaya Tulisan”

  1. Artikel yang menarik dan Bermanfaat bagi para pengguna Internet Cerdas Indonesia, Sukses Buat Semuanya!
    Slam kenal dari : One SM http://internetcerdasindonesia.org/guru-belajar-internet-untuk-mencerdaskan-anak-bangsa-kenapa-tidak/#more-492

  2. idi says:

    artikel yang bagus gan..

  3. asher says:

    paragraf awal kurang menarik, kuteruskn baca demi temanku..e…di tengah dan ahirnya banyak ilmuna.gud wat chachち

  4. adian says:

    Tulisan yang bagus.Kalimat yang tertata dengan sangat apik. Mendapat banyak pencerahan dari artikel ini.Tabik!

Leave a Reply

Komunitas ICI
Situbondo - Jawa Timur - Indonesia
Hubungi Kami: 0823-0234-0456
Copyright © 2009-2015
Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better