Home » Artikel Internet Cerdas » Internet Sebagai Media Inovatif dalam Menyelaraskan Perkembangan Pendidikan

Internet Sebagai Media Inovatif dalam Menyelaraskan Perkembangan Pendidikan

Jun
26
2012
by : Team Internet Cerdas . Posted in : Artikel Internet Cerdas

Internet Sebagai Media Inovatif dalam Menyelaraskan Perkembangan Pendidikan

(oleh:Fithrothul Khikmah)

Siapa yang mau bertahan di dalam kehidupan primitif dengan berbagai adat yang mengikat dan serba terbatas? Bahkan seorang nenek tua pun menginginkan sesuatu yang baru dalam hidupnya, walaupun cenderung fanatik dengan apa yang mengikat kehidupan mereka sebelumnya. Sesungguhnya setiap orang haus akan sesuatu yang baru, terbukti dengan berbagai pengetahuan yang terus berkembang, alat praktikum yang semakin canggih, dan berbagai penemuan baru ilmuwan. Semua itu berkesinambungan, dari sebersit ide yang direalisasikan menjadi sebuah inovasi dalam bentuk nyata dengan usaha yang tidak sedikit mewujudkan suatu penemuan baru yang berguna bagi kehidupan manusia.

Begitu juga dengan kebutuhan manusia yang semakin membludak, sebuah penemuan yang mampu mengubah aspek jarak memang sangat dibutuhkan. Ternyata disinilah fadilah dari penemuan internet. Sesuatu yang mampu melampaui kecepatan manusia bergerak dan menghapuskan permasalahan jarak tempuh manusia. Beruntung bagi kita yang mengenal apa dan bagaimana internet. Begitu banyak orang di pelosok negara kita yang belum mengetahui apa itu internet. Dengan kesederhaan dan kepolosan mereka atau keingintahuan mereka yang terlalu besar karena jarang disalurkan, mereka menjalani hidup apa adanya diantara gemerlap dunia modern dalam persaingan globalisasi. Padahal manfaat internet atau dampaknya telah terasa sejak pertama internet hadir dalam kehidupan manusia. Mulai dari golongan tertentu maupun kebanyakan orang. Nyatanya mulai dari perseorangan, instansi, sampai negara memanfaatkannya.

Kehidupan hanya mengalir, begitu juga dengan ciptaan manusia yang juga mengikuti dibelakangnya. Perkembangan aspek-aspek yang mempengaruhi kehidupan manusia membantu mereka melakukan suatu gebrakan yang dapat mengubah cara kehidupan agar lebih baik. Meninggalkan serba ketradisionalan dan mewujudkan masyarakat praktis dengan segala kegiatannya. Seperti pesatnya perkembangan teknologi saat ini.

Apabila kita berpikir untuk tahun 2050 kedepan, kemungkinan terciptanya lalu lintas udara, semua itu mungkin saja terjadi. Lalu bagaimana dengan perkembangan manusia?, tentunya kita dapat memperkirakan dan menyimpulkannnya sendiri. Seperti pernyataan saya di depan, perkembangan ciptaan manusia selalu mengikuti perkembangan manusia. Itu artinya, semakin hari semakin tinggi tingkat kemauan manusia yang didorong oleh kecerdasan mereka mewujudkan tatanan dunia baru. Salah satu dampak yang kita rasakan adalah kehadiran internet di sekitar kita. Peranan internet tidak sebatas pada orang dewasa melainkan pada anak sekolah juga. Mulai anak yang belum mengenyam pendidikan sama sekali namun sudah dikenalkan dengan dunia maya tersebut sampai segala fasilitas e-book maupun e-learning yang sudah diterapkan diberbagai sekolah lanjutan. Fasilitas ini banyak dimanfaatkan oleh SMP dan SMA,  sedangkan TK dan SD belum terlalu mengembangkan dunianya melalui internet.

Mencari informasi tentang SMA favorit cukup dengan melihat websitenya, mau tahu bagaimana cara mendaftarnya kita tidak perlu susah-susah mencari papan pengumuman di SMA tersebut cukup dengan melihat websitenya, bukankah lebih cepat dan efisien? Tentu jawabannya “ya”. Begitu banyak kemudahan yang ditawarkan internet, bahkan dapat menyebabkan kita terlena jika tidak pandai memanfaatkannya. Bukankah semua hal demikian? bermanfaat jika pandai memanfaatkan namun menjadi senjata yang dapat mematikan kita jika terlalu terlena.

Penggunaan internet yang efektif membawa banyak manfaat, terutama bagi pelajar yang mudah beradaptasi dalam mengenali sesuatu. Mereka dapat dengan cepat menyesuaikan diri dengan kehadiran internet. Bahkan lebih cepat mahir dan mengetahui banyak hal dari pada orang yang mengajarkannya. Berikut beberapa pendapat penulis mengenai peranan internet dalam dunia pendidikan.


  1. Metode tepat merealisasi kurikulum yang meraja.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa kurikulum pendidikan Indonesia yang meraja seolah-olah menuntut pelajar berlari sprint di atas lintasan marathon. Bagaiman tidak, sampai pada sekolah lanjutan atas pelajar masih dihadapkan berbagai macam mata pelajaran. Seperti matematika, ilmu pengetahuan alam atau sosial maupun bahasa masih harus dikuasai seluruhnya. Barulah setelah masuk jenjang kuliah pelajar diarahkan sesuai bidangnya. Apalagi keluahan guru-guru tentang kurikulum yang muluk-muluk, menjadi penyebab semakin banyaknya tuntutan pembelajaran.

Jika guru kita adalah seorang yang masih muda, menarik dilihat, dan menyenangkan pembawaanya mungkin banyaknya syarat dan tugas yang harus dipenuhi siswa menjadi sedikit ringan. Namun, jika gurunya memliki jiwa ketegasan, sangar, dan sudah tidak terlalu muda, walaupun sudah banyak makan garam, mungkin akan menjadikan proses belajar kurang menarik. Di sini letak penggunaan internet yang menguntungkan bagi pelajar. Kejenuhan belajar di ruang kelas, dengan suara dan penjelasan guru saja tidak menjamin maksimalnya pelajaran yang dapat ditangkap oleh siswa. Melalui internet, guru dapat menyajikan rangakaian kegiatan belajar mengajar lebih menarik dan modern. Misalnya dengan memperlihatkan secara langsung apa yang diajarkan dan menyajikan paparan dengan berbagai sumber. Selain itu, berbagai tugas yang digunakan untuk memenuhi tuntutan kurikulum akan lebih menarik untuk dikerjakan apabila dibumbui dengan hal baru yang berbau modern.


  1. Media pembelajaran inovatif untuk  mengembangkan intelektual pelajar.

Penyampaian dalam pembelajaran menggunakan pendekatan dan metode yang bervariasi merupakan sasaran sekolah dalam mengembangkan kegiatan belajar mengajar. Orang tua terlebih kakek dan nenek sering menceritakan masa belajar mereka. Mulai dari fasilitas  dan kelengkapan sekolah yang digunakan sampai cara guru mengajar. Mereka bangga dengan apa yang mereka lalui, bahkan dengan senang hati menceritakannya kepada anak dan cucu mereka. Alat tulis yang digunakan berupa batu sabak, tanpa tas berjahit hanya berupa kantung kresek bertali, dan guru masih menggunakan kekerasan fisik. Hal itu terjadi sekitar tahun 1985, sekitar 27 tahun yang lalu. Dapat kita bayangkan apabila pendidikan pada masa itu tetap, tidak berkembang seperti sekarang, mungkinkah kita hanya menggunaka batu sabak sebagai alat tulis di tengah maraknya penggunaan internet? Tentu sangat memprihatinkan. Begitu juga dengan sekarang, apabila pendidikan tidak berkembang sesuai zaman tidak menutup kemungkinan sampai tahun 2039 penggunaan papan tulis kapur masih banyak digunakan. Oleh karena itu, penyelarasan pendidikan sesuai dengan perkembangan IT sangatlah penting. Kehadiran internet akan memudahkan guru berkomunikasi dengan siswa. Misalnya dalam hal tugas, guru dapat memberikan tugas dan harus dikirim melalui e-mail, itu artinya siswa dapat mengirim kapan saja sampai deadline yang ditentukan. Sebelum kehadiran internet, siswa harus bersusah mencari guru jika hendak mengumpulkan tugas. Selain itu, guru tidak hanya dapat memberikan deadline pada jam-jam sekolah.

Metode pembelajaran dengan adanya internet lebih menjadikan siswa antusias dalam belajar. Misalnya dengan memanfaatkan e-learning siswa dapat mengakses setiap mata pelajaran, mulai dari materi yang jelas-jelas diajarkan oleh guru mereka, mencari tugas dan menguploadnya. Mereka dapat mengunduh materi dalam bentuk softcopy dan biasanya setiap materi yang disajikan dibubuhi dengan berbagai format yang lebih menarik dari coretan di papan tulis.

Intelektual seorang siswa merupakan bawaan sejak lahir dan akan berkembang jika lingkungan mereka mendukung. Sebuah penciptaan sistem pembelajaran yang kondusif dengan memanfaatkan kemampuan guru mengajar yang dikolaborasikan dengan media elektonik akan membantu siswa mengembangkan intelektual mereka. Media elektronik tersebut dapat digunakan untuk mengakses internet. Misalnya pada saat guru memberikan tugas untuk mendiskusikan suatu masalah. Jika menginginkan fakta dan informasi lebih siswa dapat mengakses berbagai informasi yang mereka inginkan melalui internet. Cara ini lebih mudah dan efisien bila dibandingkan membuka puluhan buku di perpustakaan untuk mencari informasi tersebut.

Sebagian pelajar tidak senang membaca buku, tetapi dengan kehadiran internet mereka tidak perlu bersusah. Belajar dapat dilakukan dengan melihat video, mendengarkankan materi atau berbagai bentuk layanan audio, visual, dan audiovisual mudah diperoleh melalui internet. Metode belajar tersebut jelas akan lebih berefek pada pelajar karena didasarkan pada cara dan kemauan mereka sendiri.


  1. Memberikan fasilitas multifungsi dan lengkap.

Fasilitas yang diberikan oleh layanan internet jelas lebih dalam pembelajaran jelas lebih lengkap dan efisien jika dibandingkan dengan pembelajran secara konvensional. Contohnya adalah penggunaan fasilitas e-learning dalam pembelajaran. Mulai dari  materi yang diajarkan, tugas, sampai pada ulangan harian dapat dilakukan dengan mengakses internet. Misalnya saat ulangan harian, dengan layanan e-learning siswa akan menghemat kertas. Selain itu, nilai langsung dapat diketahui dan tidak perlu mengoreksinya secara manual. Internet menyajikan banyak informasi lengkap sebagai referensi belajar siswa.


  1. Tempat pelajar mengekspresikan diri.

Setiap pelajar memiliki kemampuan dan kreatifitas masing-masing. Melalui intenet, pelajar dapat mengekspresikan kemampuan mereka. Mempelajari dan mengasahnya dengan berbagai informasi yang lengkap. Mereka dapat membuat lembar demi lembar yang mencirikan mereka sendiri. Misalnya blog, mereka berhak mengisi apapun yang mereka inginkan. Tulisan, gambar, informasi menarik dan yang lainnya. Desain pada blog pun dapat bervariasi, mereka dapat mengekspresikan diri mereka melalui warna dan bentuk desain blog mereka. Di sini karakter pelajar dapat terlihat, siapa yang berjiwa lebut, siapa yang memiliku sifat ceria dan easy going, siapa yang kreatif dan lainnya. Dalam tahap belajar, dibutuhkan suatu media untuk mengekspresikan diri mereka sehingga kemampuan mereka yang sebenarnya akan terasah.

Dunia terasa sempit dengan kehadiran internet, jarak ratusan kilometer menjadi dekat dengan hanya berhubungan lewat dunia maya. Dan itu artinya tugas sekolah harus tetap ontime karena tidak lagi ada masalah tentang jarak. Kecepatan tidak perlu ditanya lagi, yaa.. walaupun koneksi internet di Indonesia tidak secepat di Negeri Maya, setidaknya lebih cepat apabila dibandingkan dengan mengendarai sepeda atau mobil sekalipun.

Adanya berbagai layanan yang memanfaatkan koneksi internet dapat meningkatkan daya kreatifitas pengguna dan mengasah intelektual mereka. Bagaimana mengkses internet dapat mengasa intelektual mereka? Inilah alasannya.

Untuk menggunakan internet diperlukan suatu pemahaman yang cukup dalam mengoperasikan hardware dan softwarenya. Sebagian besar informasi yang dapat diperoleh melalui intermet berupa pendapat yang ditulis oleh penulisnya. Sehingga siapapun yang mencari informasi melalui internet harus pandai memilih sumber yang benar-benar terpercaya, jika tidak pencari harus pandai menelaah informasi yang mereka peroleh. Dengan kata lain mereka harus selektif dalam memilih sesuatu yang mereka butuhkan. Mereka akan terbiasa dengan hal tersebut, menjadi lebih selektif dan tidak asal-asalan.

Dengan mengakses internet, keingintahuan siswa dapat terjawab. Sebab internet menyediakan berbagai informasi yang kemungkinan besar dapat menjawab pertanyaan setiap orang. Jikalau jawaban tersebut tidak ada, pengguna juga dapat bertanya dengan seseorang yang jauh disana degan memanfaatkan situs jejaring sosial. Telah menjadi kodratnya bahwa manusia tidak akan puas dengan satu hal, maka setelah satu pertanyaan berhasil terjawab maka akan timbul pertanyaan lain. Hal ini akan menjadikan siswa memjadi seorang yang kritis dan memiliki keingintahuan yang besar. Semakin banyak seseorang mengetahui maka semakin bijak pula ia bersikap dan semakin pandai pula dalam menempakan dirinya.

Internet membawa perubahan ke arah kemajuan. Setiap hari mungkin kita tidak pernah lepas dari penggunaan intenet.  Entah itu, membantu menyelesaikan tugas sekolah, download games atau musik, atau sekedar menggunakan situs-situs jejaring sosial. Kehadiran internet mendatangkan perubahan sekaligus manfaat dan dampak bagi semua orang di dunia. Berbagai kemudahan ditawarkan di depan mata setiap pengguna. Pemanfaatan internet bukan hanya berlaku bagi pengusaha-pengusaha atau instansi besar tetapi juga siswa yang sangat memerlukan input berharga yang nantinya menghasilkan output luar biasa di kemudian hari. Manfaat dari penggunaan internet tidak hanya kita dapatkan setelah menggunakannya untuk memperoleh sesuatu yang diinginkan, melainkan apabila kita mampu menggunakannya secara cerdas, efisien, dan proposional sesuai kebutuhan kita.

Mau berlangganan artikel ? masukan nama dan email anda

Leave a Reply

Komunitas ICI
Situbondo - Jawa Timur - Indonesia
Hubungi Kami: 0823-0234-0456
Copyright © 2009-2015
Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better