Home » Artikel Internet Cerdas » Internet, Just One Click To Another World

Internet, Just One Click To Another World

Jun
26
2012
by : Team Internet Cerdas . Posted in : Artikel Internet Cerdas

Internet, Just One Click To Another World

(oleh : Muhamad Nukha Murtadlo)

Saat ini perkembangan teknologi sangat pesat dirasakan oleh umat manusia. Anda ingat kapan terakhir kali anda menggunakan internet? Saya yakin jawaban anda adalah beberapa menit yang lalu bukan? (bahkan sekarangpun anda sedang membaca artikel ini melalui internet) Internet bukanlah barang yang lux untuk saat ini. Dengan 3.000 perak anda dapat mengakses internet di warnet selama 1 jam. Beberapa modempun sekarang memberikan paket internet dengan harga yang miring. Bahkan internet dapat berada pada genggaman tangan didalam hand phone anda. Semakin mudah, dimanapun, kapanpun dan oleh siapapun itulah internet sekarang.

Arus perkembangan teknologi saat ini tidak dapat dibendung lagi, dari tahun ketahun perkembangan tersebut semakin cepat dan selalu muncul hal-hal yang baru. Kita sebagai umat manusia yang peka terhadap perubahan harus dapat memanfaatkan ini dengan sebaik mungkin. Pernahkah anda mendengar istilah time traveller? Seseorang yang melakukan perjalanan menjelajah waktu dengan bantuan mesin waktu sehingga dia dapat melihat apa yang terjadi dimasa lalu dan apa yang akan terjadi dimasa depan. Memang, banyak orang yang mensangsikan hal ini. Terlepas dari perdebatan benar atau tidaknya time traveller, tanpa bantuan mesin waktu anda juga dapat melakukan perjalanan waktu versi anda sendiri.

Sebagai contoh kecil, jika adik anda atau anak anda sedang belajar IPA dan dia menanyakan kepada anda “Kak / yah, meteor itu apa sih?” anda tidak perlu bingung-bingung merangkai kata atau bahkan anda tidak perlu sok tahu jika anda memang tidak tahu. Bukakan saja internet dan pandu sikecil untuk mendapatkan pengetahuan tentang meteor yang ia tanyakan. Ia akan mendapatkan informasi lengkap mulai dari pengertian, sebab terjadinya dan beberapa meteor yang pernah jatuh di Indonesia (termasuk meteor garden :p ) Penjelasan yang ia dapatkan melalui internet akan melengkapi apa yang telah ia pelajari melalui Bapak/Ibu gurunya disekolah. Bahkan kemungkinan ia akan mendapatkan pengetahuan baru.

Selama anda dan sikecil berseluncur di dunia maya, anda dan dia telah “mengunjungi” beberapa tempat di dunia yang tercatat pernah dijatuhi meteor. Lalu anda dan dia telah “berkenalan” dengan ilmuan yang pertama kali menemukan dan meneliti tentang meteor yang notabene sang ilmuan telah tiada. Serta agenda yang tidak boleh dilupakan adalah dalam jangka berapa tahun lagi anda dan dia dapat melihat benda langit yang pindah dengan mata telanjang? Semua telah dapat dihitung secara matematis, jadi anda dan sikecil hanya tinggal menantikan kapan tahun tersebut datang. Anda menyadari atau tidak bahwa serangkaian kegiatan yang telah anda lakukan tadi telah membawa anda menjelajah waktu baik masa lalu maupun perkiraan masa depan. Secara fisik anda berada di satu tempat tetapi pikiran dan imajinasi anda melanglang buana kepenjuru dunia yang lain.

Kita patut bersyukur atas perkembangan teknologi ini. Salah satu rasa syukur kita adalah dengan memanfaatkan internet ini dengan sebaik mungkin dan bijak. Kita gali potensi yang ada pada diri kita dengan bantuan internet, kita eksplor pengetahuan kita dengan internet, jadikan internet sebagai jendela ilmu. Lalu bagaimana cara memanfaatkan internet dengan bijak? Salah satunya dengan self control. Kita tahu semua ada di internet, jika memang anda tidak berminat dan tidak berniat terhadap informasi tersebut maka katakan STOP!!! Internet banyak memberikan inspirasi kepada kita. Mari kita majukan negara Indonesia tercinta melalui satu langkah kecil ini.

Mau berlangganan artikel ? masukan nama dan email anda

Leave a Reply

Komunitas ICI
Situbondo - Jawa Timur - Indonesia
Hubungi Kami: 0823-0234-0456
Copyright © 2009-2015
Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better