Home » Artikel Internet Cerdas » 30 Artikel Favorit » Internet Berevolusi

Internet Berevolusi

May
22
2012
by : Team Internet Cerdas . Posted in : 30 Artikel Favorit, Artikel Internet Cerdas

Internet Berevolusi

(Oleh : Melati y. Fauziah)

Internet, kata yg sudah tidak asing lagi untuk dunia masa kini. Tempat dimana hampir semua informasi terdapat dan berada di dalamnya, sebagai media dalam berkomunikasi, tempat berbisnis dan bahkan war field. Namun, sudah secerdas apakah kamu dalam penggunaanya?

Internet boleh berevolusi, tapi kamu?

Berevolusilah dengan menjadi pengguna internet yg cerdas dan bijak. Banyak informasi yg bisa kamu cari, dapatkan dan bahkan share di internet. Tapi apakah kamu bisa menggunakan media tersebut secara cerdas dan bijak? Kita adalah pengguna internet yg dimana dapat menjadi pro-sumer, yakni producer and consumer. Di era seperti sekarang ini penyebaran informasi lebih cepat tersebar melalui internet, dan kita adalah produsen sekaligus konsumennya.

Sebagai produsen yg cerdas, kita harus dapat memilah informasi apa saja yg layak untuk dibagikan, apa saja yg menurut kita berguna untuk orang lain ketika informasi tersebut di share dan apa saja informasi yg mengandung nilai edukasi sehingga pantas untuk dibaca oleh banyak khalayak. Bukan hanya menjadi producer yg cerdas dalam memberikan informasi, kita juga diharuskan menjadi the right consumer dengan tidak menerima informasi-informasi yg didapat dari internet secara gamblang tanpa memfilternya terlebih dulu. Terkadang, ada beberapa khalayak yg mudah terprovokasi dengan adanya berita-berita miring yg kerap ditemui di internet. Kalau kita adalah konsumen internet yg cerdas, kita seharusnya memfilter berita tersebut terlebih dahulu, sehingga para konsumen dapat mengolah kembali berita yg didapat dan tidak menerimanya secara langsung begitu saja. Karena semua pengguna bisa menjadi produsen, maka kitalah yg harus menjadi konsumen yg cerdas dalam memfilter berita atau informasi yg di peroleh dengan open minded.

Di era seperti sekarang ini, dimana internet hampir merajai kehidupan masyarakat, selain kita yg harus menjadi pro-sumer yg cerdas kita pun harus menjadi a-good-timer untuk diri sendiri, jangan sampai waktu yg mengatur kita tapi kitalah yg harus mengatur waktu dengan baik. Di era internet seperti sekarang ini banyak pengguna yg lupa akan waktu, mereka diatur oleh waktu sehingga tanpa sadar mereka telah menghamburkan banyak sekali waktu yg sebetulnya dapat mereka gunakan untuk melakukan hal-hal positif lainnya, sehingga dapat menjadi a productive person for his/her life. Pengguna yg cerdas adalah dia yg dapat mengatur waktu dalam penggunaan internet secara bijak, tidak termakan oleh waktu dan tidak mengabaikan apa yg harus dikerjakan selain duduk manis di depan laptop atau pun gadget. Dan menjadi apa yg orang lain sering katakan atau juluki, yaitu “autis”.

Internet memang berevolusi begitu cepat, tapi apakah perilaku dari penggunanya juga ikut berevolusi? Sudah banyak dari kita yg mengetahui posisi pengguna social media di Indonesia adalah pengguna tertinggi di dunia. Untuk ini, kita buat saja istilah “inovasi perilaku”.

Para innovator berinovasi di dalam dunia internet ini dengan membuat berbagai macam social media untuk membantu kelancaran dalam berkomunikasi dengan kerabat, saudara atau siapa pun yg tidak berada dekat dengan kita. Sedangkan kita, yg dimana adalah sebagai seorang pengguna pun dapat menjadi seorang innovator, yaitu dengan menginovasi perilaku-perilaku kita dalam penggunaan social media ini. Tidak banyak dari penggunanya menggunakannya dengan cerdas, bijak dan baik. Seperti halnya, bertengkar lewat socmed, meng-update status dengan kata-kata kotor, melakukan perselingkuhan, perdagangan anak, human trafficking, meng-upload foto-foto yg tidak pantas untuk di upload dan lain sebagainya. Bahkan beberapa dari mereka memancing pertengkaran dengan saling sindir menyindir yg berakhir dengan salah sasaran, sehingga hal yg biasanya kita anggap kecil dan sepele itu pun menjadi besar yg kemudian hal tersebut merambah ke dalam dunia hukum. Kita pun harus cerdas dalam berinteraksi dalam dunia internet, khususnya socmed.

Karena internet bersifat anonimous maka di dalam socmed, everyone can be anyone. Kembali kepada pribadi masing-masing, kitalah yg harus menjadi pengguna yg cerdas. Jangan terlalu mudah percaya dengan siapa pun yg benar-benar belum pernah kita temui atau bahkan kenali dalam socmed tersebut. Karena semua orang bisa menjadi siapa saja, dan kita tidak pernah tahu apakah orang itu adalah benar-benar dia atau bukan.

Tapi, masih banyak pengguna cerdas yg memanfaatkan socmed sebagai tempat berbisnis atau menuangkan hobi. Dengan modal listrik, modem dan laptop atau pun gadget pebisnis pun dapat mengantongi banyak keuntungan dari apa yg mereka jual atau promokan. Seperti halnya online shop dalam memasarkan produk-produknya atau promotor dalam mempromosikan konser-konser atau tata cara penjualan tiket. Mereka tidak membutuhkan modal yg banyak, bahkan bisa dikatakan hampir tidak mengeluarkan uang sama sekali untuk modal bisnis mereka, kecuali membayar tagihan listrik. Dan mereka yg mempunyai hobi dalam hal tulis-menulis pun dapat membuat blog dan berkreasi dengan bebas sesuai kreatifitas yg mereka miliki.

Tentu saja segala sesuatu ada kurang dan lebihnya, begitu juga dengan halnya internet. Dia bisa menjadi banyak kurangnya atau lebihnya tergantung dari pemakaian kita, digunakan untuk hal apa saja. Jika internet dijadikan sebagai tempat dimana sumber informasi itu berada, sebagai tempat dimana komunikasi dapat terus terjalin dengan kerabat atau pun saudara yg berada jauh dari kita, sebagai tempat meraih rejeki, maka internet menjadi sebuah tempat interconnected network yg bermanfaat. Tetapi jika digunakan sebagai arena tipu menipu, war field, pornografi atau tempat saling mengejek maka internet menjadi tempat dimana kekurangan tersebut berada.

Memang, tidak bisa dipungkiri internet ini berdampak sekali dalam kehidupan sekarang. Berita lebih cepat tersebar melalui media online dibandingkan dengan media cetak, dan interaksi antar penggunanya pun lebih cepat sehingga informasi yg dibagikan flows-like-a-waterfall, swift. Seperti halnya pada saat bom yg terjadi di JW Marriot tahun 2009 lalu, ketika bom tersebut meledak belum semua masyarakat mengetahui adanya pemboman tersebut, sampai akhirnya tersebar luas ketika seseorang yg sedang berada dekat dari hotel tersebut secara terus menerus meng-update statusnya mengenai apa yg sedang terjadi, seperti halnya memberikan live report. Sehingga dapat dikatakan beberapa masyarakat sudah terlebih dulu mengetahui pemberitaan tersebut sebelum media memberitakannya.

Jadi, untuk mengevolusikan diri kalian, berubahlah menjadi pengguna internet cerdas yg dapat menggunakannya secara bijak. Dan jadilah “inovator perilaku” untuk diri kalian sendiri sehingga manfaat dan kelebihan internet itu sendiri dapat dirasakan dengan baik.

 

 

Mau berlangganan artikel ? masukan nama dan email anda

3 komentar tentang “Internet Berevolusi”

  1. Artikel yang menarik dan Bermanfaat bagi para pengguna Internet Cerdas Indonesia, Sukses Buat Semuanya!
    Slam kenal dari : One SM http://internetcerdasindonesia.org/guru-belajar-internet-untuk-mencerdaskan-anak-bangsa-kenapa-tidak/#more-492

  2. nurali says:

    Internet memang berevolusi begitu cepat, tapi apakah perilaku dari penggunanya juga ikut berevolusi? Y/N?

  3. ali says:

    Itulah Intenet.

Leave a Reply

Komunitas ICI
Situbondo - Jawa Timur - Indonesia
Hubungi Kami: 0823-0234-0456
Copyright © 2009-2015
Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better