Home » Artikel Internet Cerdas » 4 langkah Cerdas Berinternet: Sebuah Resolusi untuk maju

4 langkah Cerdas Berinternet: Sebuah Resolusi untuk maju

Jun
26
2012
by : Team Internet Cerdas . Posted in : Artikel Internet Cerdas

4 langkah Cerdas Berinternet: Sebuah Resolusi untuk maju

(oleh:Ahmad Yunus)

Selain motor, internet adalah revolusi yang membawa orang masyarakat menengah untuk bersaing dengan kalangan atas.…

Setidaknya begitulah yang diungkapkan oleh Dahlan Iskan dalam salah satu tulisannya berjudul Revolusi ekonomi sepeda motor. Kenapa Dahlan Iskan sampai menulis seperti itu? Karena menurut Dahlan Iskan dengan internet (facebook, youtube, email, dst) tidak ada lagi perbedaan antara golongan bawah dan golongan atas. Dengan internet, kesempatan itu sama bagi golongan bawah yang kreatif dapat menembus barikade dan blokade sistem bisnis yang lama.

Begitu juga dengan pengembangan potensi diri, internet membuka ruang untuk mengekspresikan potinsi diri sebebas mungkin. Sekarang tidak perlu biaya mahal ikutan audisi, karena banyak juga yang popular berkat youtube. Menjadi penulis popular pun dapat dengan blog dan sebagaianya.

Nah, itulah yang saya lakukan selama ini dengan internet. Berkreasi dan menggunakan internet secara cerdas untuk mengungkit kemampuan diri. Berkat internet juga banyak potensi dalam diri saya tereksplorasi dengan baik.

Oke kita mulai saja dari perkenalan awal saya dengan internet. Saya bersentuhan dengan internet pertama kali tahun 2006, saat itu keperluan untuk mengirim email. Benar-benar hanya untuk mengirim email ke berbagai redaksi media massa.

Lantas bagaimana saya mengungkit diri dengan menggunakan internet secara cerdas dan kreatif?

Pertama: Korespondesi. Seperti saya ungkap di awal, saya menggunakan internet untuk berkirim dokumen ke berbagai media massa. Ternyata email ini selanjutnya saya gunakan untuk berkorespondensi dengan berbagai orang dari berbagai latar belakang. Saya ikut milis penulisan, disiplin ilmu, komunitas pengembangan diri. Nah lewat milis ini saya dapat berbagi cerita dan berbagi ilmu dengan orang lain.

Korespodensi ini juga saya lakukan lewat sosial media seperti facebook dan twitter. Lewat media sosial ini saya berhubungan dengan orang-orang terkenal yang saya kagumi, yang secara nyatanya sulit untuk saya temui dan ajak bicara, namun berkat internet halangan itu terhapus. Saya dapat tahu aktivitas dan dapat berkirim pesan dengan mereka. Bahkan, saya pernah mengundang pemenang Kick Andy Young Hero 2011 untuk mengisi sebuah acara hanya lewat facebook.

Apa yang saya dapatkan dengan berkorespodensi via internet ini? Tentu saja jalinan silaturahmi dengan berbagai orang dari berbagai laatr belakang. Selanjutnya adalah ilmu dan pandangan yang lebih luas. Dan relasi dengan orang-orang yang saya kagumi.

So what. Ayo gunakan media sosial untuk silaturahmi dan berhubungan dengan orang-orang hebat, jangan digunakan untuk ceracau galau melulu.

Kedua: cari referensi. Internet menyediakan akses informasi tanpa batas, ruang, dan waktu. Di mana dan kapan pun selama ada akses internet kita dapat mencari informasi. Informasi ada di ujung tetikus tinggal klik, maka keluarlah berbagai infomasi yang kita butuhkan. Nah saya menggunakan internet sebagai sumber referensi informasi, baik untuk bidang pendidikan maupun informasi lain. Sungguh sangat membantu dalam menyelesaikan masalah tugas kuliah atau tugas-tugas lain.

Ketiga: sarana ekpresi diri. Internet memberikan saluran ekspresi diri yang membuka peluang siapa saja untuk eksis dan menjadi terkenal karenanya. Masih inget Sinta dan Jojo yang terkenal lewat youtube? Atau Justin Bieber yang berhasil diorbitkan oleh produser hebat gara-gara video-video audisi yang diunggah oleh ibunya Justin Bieber ke internet? Atau dari mahasiswa biasa yang tiba-tiba saja jadi terkenal karena tulisan diblognya yang kemudian dibukukan dan difilmkan. Yah Raditya Dika dengan kambing jantannya. Mereka adalah segelintir orang yang menjadi terkenal dan berpenghasilan lebih berkat ekspresi diri di internet.

Saya pun memiliki potensi diri menulis, karenanya saya menjadikan internet untuk mempublikasikan karya-karya dan pemikiran saya secara lebih luas.  Blog adalah sarana untuk yang satu ini. Alhamdulillah banyak saran dan masukan penting yang membuat kemampuan menulis saya terasah.

Apa saja manfaat yang sudah saya terima berkat mengekspresikan diri di internet? Alhamdulillah pernah menang lomba blog. Bahkan dari blog saya pernah diundang mengikuti sidang paripurna Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (Senat), satu meja dengan RI 7, pak Irman Gusman dan menginap di hotel tempat timnas menginap.

Saya yakin setiap orang memiliki potensi diri yang unik. Coba ekplorasi dan ekspresikan potensi diri kamu lewat internet. Siapa tahu ada yang melirik kemampuan kamu dan siap mengorbitkan kamu menjadi terkenal.

Keempat: jualan online. Internet juga membuka ruang untuk usaha. Lewat akses internet kita dapat membuka etalase toko virtual untuk menjual jasa atau produk. Hal itu yang saya lakukan juga.

Berbekal kemampuan membuat blog, saya dan teman-teman pembudidaya ikan membuat blog yang diperuntukkan sebagai tempat jualan. Hasilnya lumayan, banyak orang yang datang ke tempat usaha kami karena mendapatkan informasi dari blog itu.

Usaha yang dulunya berbekal otot belaka, kini mulai tumbuh membesar karena internet marketing. Usaha yang awal penjualan produknya keliling ke para pembudidaya lain, kini tinggal diam di rumah karena calon pembeli yang datang sendiri atau minta dikirim. Sungguh memudahkan usaha bukan.

Nah kalau kamu juga punya usaha, meski kecil-kecilan, coba deh pasarkan lewat internet. Siapa tahu produk kamu banyak yang mengenalnya. Kalau sudah dikenal yah pastinya ada saja yang tertarik untuk membeli bukan?

Oke, akhir kata internet adalah teknologi yang memudahkan urusan kita. Seperti saya yang melakukan empat hal di atas untuk mendongkrak potensi diri. Nah,  Kalau kamu?

Mau berlangganan artikel ? masukan nama dan email anda

Leave a Reply

Komunitas ICI
Situbondo - Jawa Timur - Indonesia
Hubungi Kami: 0823-0234-0456
Copyright © 2009-2015
Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better